Akankah UMK Batam Terpuruk kembali

Pada tulisan saya beberapa hari yang lalu di postingan tentang Panorama Laut Batam saya menyentil sedikit kalimat batam yang katanya kaya raya. Mengapa saya bilang batam itu kaya raya tapi katanya πŸ™‚ yah mereka, mungkin sampean dan mungkin saya juga akan bilang batam itu kaya raya. Coba tengok gedung gedung pabrik berseliweran bahkan smua pabrik bisa dikatakan milik orang asing, coba liat mobil mobil import disana, pasti kita akan berpikiran batam akan kaya subsidi dari mereka. Tapi coba mari kita tengok sejarah upah buruhnya apakah sepadan dengan semua itu.

Setiap tahun pembahasan upah buruh di batam selalu saja seperti itu itu saja. Bahkan sudah beberapa tahun yg lalu nilai upah buruh di batam sudah ketinggalan sama daerah jawa, yg notabennya adalah banyak perusahaan milik orang indonesia. Tapi mengapa mereka sanggup memberi upah lebih besar dari batam, apalagi KHL [Kebutuhan Hidup Layak] dibatam adalah terbesar di indonesia ini. Aneh ! yah emang aneh.

Bahkan saat ini menentukan KHL saja sudah gontok gontokan ndak jelas. Sampean mungkin sudah tau bahwa menentukan upah adalah berpedoaman dengan nila besarnya KHL. Artinya kalau ndak ada aral melintang spt yg selama ini terjadi upah batam adalah terbesar di indonesia. Seandainya KHL disamakan sama daerah lain itu artinya bener2 ndak ada keseimbangan tentunya. Sebagai gambaran saja, KHL batam padah tahun 2007 telah mencapai Rp. 1.2 juta dan waktu itu pemerintah batam hanya dapat menyanggupinya sebesar 80% atau sebesar Rp.960 ribu sebagai UMK nya. Sedangkan besaran KHL pada th 2008 mencapai Rp.1.53 juta, lalu apakah UMK batam akan sebesar itu ?

Ternyata itu baru sebatas impian buruh di batam saja, bahkan bulan ini telah keluar SKB [surat keputusan bersama] 4 menteri yang merekomendasikan Upah Minimun Provinsi (UMP)tidak lebih dari 6% atau melebihi angka pertumbuhan ekonomi nasional yang dipatok 6%. SKB tersebut resmi berlaku sejak ditandatangani Rabu, bulan Oktober 2008. Kalangan pengusaha sudah jelas telah menyambut gembira SKB tersebut, karena mereka akan dg sesuka hatinya menentukan UMK, dan ini tidak terjadi dibatam saja akan tetapi di endonesia ini. :). Lalu bagaimana mereka pekerja yg bekerja melalaui agen, ah kasian sekali mereka, sudah gaji kecil dipotong pulak sama outsourcing.

Dan yang membuat saya terheran heran kenapa dalam SKB 4 menteri tsb mencantumkan bahwa pembahasan upah buruh, pemerintah tidak akan ikut2an, jadi penetapan umk diserahkan kepada pekerja dan pengusaha. Ini berarti tidak ada lagi perundingan umk secara tripartite, dan dimulainya era liberalisasi upah di Indonesia. Artinya perang urat saraf akan terjadi di perundingan umk th depan jika skb tersebut tidak di cabut. Ah negeri para preman apa yah endonesia inih ?

kalau begini terus apakah sebagai blogger adalah pilihan terbaik ? ndak perlu demo demoan dijalan πŸ™‚


Comments

22 responses to “Akankah UMK Batam Terpuruk kembali”

  1. wah jgn jadi blogger semua bos. Yang nanam padi siapa dong ? yang berkebun siapa dong ? yang kerja di speedy siapa dong hehehehehe. seimbang aja yah πŸ˜€

    bocahs last blog post..Maaf Saya Harus Berhenti Jadi Publisher Adsense

  2. Hi.. hi.. hi… bener juga tuh yang di omong si bocah. Yang jadi blogger cukup 2 % dari populasi aja dah.

  3. btw. Petani ngeblog seru juga tuh… Mereka bisa posting teknik bertani dan pantauan kondisi padi mereka dari hari ke hari….

    Jadi Blogger kayaknya ga ekslusif lagi.. sama kayak nulis buku harian aja nantinya…

    Salam!!!

  4. stuju banget kang…:)

    schatzis last blog post..Your Guide to Acne Cream Treatment Options

  5. gue pas jaman taon terakhir kuliah justru seneng ama demo. Abis fun sih. Ada lucunya, ada sedihnya, ada seremnya. Lengkap :mrgreen:

    Pas uda kerja ngrasain demo baru sekali. Dulu pas demo di DPRD dlm gerakan buruh juga. Buruh emang kudu rajin demo kyknya πŸ™‚

    Tigiss last blog post..Liverpool Break Chelsea’s Home Record!

  6. Semoga keluhan ini didengar oleh yang berkepentingan atas ini.
    Karena saya bukan yang berkepentingan dalam menentukan KHL maupun UMK, maka saya tidak berani ngomong terlalu banyak menganai masalah ini.

    sapimotos last blog post..Update Alexa Rank

  7. cape mikirin ginian … kagak ada habisnya 😐

    Miyabi Insyafs last blog post..infield fly rule

  8. Mas, gak usah dibahas, bikin sakit hatiku πŸ™‚

  9. Di surabaya pembahasan UMK juga deadlock mas..

    Duit Gratisans last blog post..Prospek Kerja Menjadi Blogger Profesional

  10. wew…bisa nentuin sndiri upah karyawannya? tapi masih ada umr kan mas? binun ni….

    audys last blog post..Buku Sang Pemimpi….Mau?

  11. @Tigis – yup setuju, kalau buruh mau bahagia, mari satukan suara, buruh brutal kalau perlu, selama ini demo ahanya stengah2 krn terbujuk rayuan pemerintah yg selalu berbual dg janjinya.tp apa stelah itu ah manis mulutnya
    @sapimoto – makasih kang
    @Miyabi Insyaf – ternyata pemerintah bener2 pinter πŸ™‚ [minteri wong cilik hahahaha]
    @Qisthon – justru kalo ndak di buang di blog malah jadi sakit hati bos,
    @audy – ya ndak bisa bos, justru adanya skb 4 menteri ini pekerja bakalan repot untuk menentukan upah, soalnya pemerintah yg biasanya sbg penengah sudah ndak ngurusi lagi πŸ™‚

    1. bro geblek,
      tidak setuju buruh brutal… jangan tiru mahasiswa demo ngrusak kampus sendiri. itu seperti masochism
      lha wong tempat mencari nafkah=sawah ladang, kok malah dirusak sendiri…
      tapi yang seneng masochism ‘kan cuma segeintir. segelintir aja dah parah, apalagi semuanya bisa-bisa punah seketika dunia usaha.
      banyak bersyukur, deketin diri pada yang bikin hidup.

  12. keliatannya seret untuk tahun depan… juragan malah udah kasih opsi PHK ato Upah tetap.. milih mana sampeyan ?

    regsas last blog post..Sajak (eh bukan,apalah sebutannya ) Ndak Paham

  13. @regsa – tenang tenang, mudah2an temen2 yg lagi berjuang berhasil kang, kalau bos bilang itu saya rasa cuma gertakan aja, apalagi kalau di batam, mbayar buruh pake rp nilai barang $ opo ndak berlimpah itu.

  14. Wah…tulisan anda betul – betul nikmat….keep posting bro

  15. setuju, daripada jadi negeri preman, lebih baik jadi negri blogger

    arifrs last blog post..Mengejar Impian Bagian ke 2

  16. Kita tidak bisa membiarkan persoalan kebijakan publik yang tanpa melibatkan masyarakat. Masyarakat harus dilibatkan dan harus diberi ruang yang cukup untuk membela ha-haknya. Sepuluh tahun reformasi belum menghasilkan sesuatu yang fundamental dalam perubahan kebijakan pemerintah.

    ABDAL MALIKs last blog post..Diskusi nDesa

  17. Sekarang sajah dah terasa beratnya..kalau ndak naik tahun depan makin berat bagi buruh….

    Semoga saja semua pihak memperoleh yang terbaik….

    Atau PHK ajah.. πŸ™‚ saya ndaftar deh he..he

    Silos last blog post..Seo Quake, Tool Untuk Mengetes SEO Blog

  18. hmm…***gigit jari
    turut berduka cita dengan system pemerintahan kita
    kapan ya rakyat makmur !@#$%mimpi

    lizs last blog post..Rang Tanjung

  19. @liz – bantuin gigitin jarinya dong bun πŸ™‚

  20. […] sampean sudah mengetahuinya bahwa UMP kepri 2009 sudah ditetapkan oleh gubernur kepri sebesar Rp 892.000, yah dilihat dari nilai besarnya itu […]

  21. Wow! what an idea! Apa konsep! Indah .. Mengagumkan