Cara Bermain Tracback

Trackback yang seindah bermain pingpong

Wedeh apalagi blek trackback itu ?
Apa pula hubungannya denga pinpong ?

Sebelum nyolek apa itu trackback dan apa itu pingpong, mungkin ini memang sudah basbang bagi saya, tetapi saya kira ndak ada salahnya nulis sesuatu yang masih bisa gunakan untuk saya sendiri dilain waktu, sukur sukur bisa berguna bagi orang lain, halah pede kamu blek ๐Ÿ™‚

Tracback sebenarnya kosakata yang sudah sering kita dengar dalam dunia ngeblog, yang mana trackback bisa difungsikan untuk pemberitahuan bahwa kita ngelink pada tulisan orang lain ataupun tulisan kita sendiri. Jadi dengan menggunakan fasilitas trackback ke orang lain [tulisan yang kita link] akan tau bahwa kita juga membahas/menulis hal serupa seperti yang dia tulis di blog yang kita link tadi. Mungkin trackback bisa dikatakan sebagai link terkait. Di wordpress trackback adalah hal mudah untuk dilakukan, saya kurang tau cms blog yang lain semudah di wordpress apa tidak :).

Lah kalau pingpong apa hubungannya sama trackback blek ?
Menurut master master yang jadi pakar, pingpong berasal dari kata PING, yang mana ping sendiri berfungsi mengirimkan informasi kepada layanan atau ping server seperti blog search engine kalau kita baru saja update blog kita. Nah dengan layanan ping ini kita tidak perlu capek capek memberi pengumuman pada kalayak ramai hanya sekedar memberi tahukan bahwa kita baru saja meng update konten blog kita. Dengan layanan ping ini juga, orang lain malah lebih cepet tau bahwa content blog kita ada update yang baru, dan malah tidak sebatas pada teman2 kita sendiri yang tau kalau saja kita baru meng update blog.

Nah terus bagaimana melakukan blog ping ini ? Bagi pengguna wordpress tidak usah risau, karena blog ping sangat mudah dilakukan dengan vitur default yang sudah disediakan oleh wordpress . Secara default, ping di wordpress sudah aktif dan ping server secara default nya adalah rpc.pingomatic.com. Akan tetapi bagi anda pengguna wordpress , sampean bisa nambahin ping servernya lebih dari satu alamat saja, biar makin banyak orang tau pikir saya kalau makin banyak alamat ping servernya ๐Ÿ™‚

Berikut ini beberapa alamat ping service untuk blog yang menggunakan wordpress sebagai alat bantunya.

http://api.moreover.com/ping
http://api.my.yahoo.com/rss/ping
http://blogsearch.google.com/ping/RPC2
http://ping.bitacoras.com
http://ping.feedburner.com
http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
http://rpc.blogrolling.com/pinger/
http://rpc.icerocket.com:10080/
http://rpc.technorati.com/rpc/ping
http://rpc.weblogs.com/RPC2
http://topicexchange.com/RPC2
http://www.blogdigger.com/RPC2
http://www.blogoole.com/ping/
http://www.popdex.com/addsite.php
http://www.wasalive.com/ping/
http://www.weblogues.com/RPC/

Cara menambahkan, masuk ke wordpress admin and, terus klik bagian setting-writing dan di bawah ada kolom Update Services, nah di kolom itulah alamat alamat diatas kalian masukkan, setelah itu jangan lupa klink save. So mari kita ngeblog bersama, lupakan cerita cerita itu, ndak usah di urus biarin saja ituh yang penting ngeblog saja, siapa tau blog kita akan berguna bagi nusa dan bangsa :).