Apalah Arti Sebuah Nama

Tak kenal maka tak sayang, kalimat ini pasti sudah sering terdengar sama kita,biasanya kalimat tersebut terucap disaat awal perkenalan atau saat obrolan. Yah nama memang sangat berarti bagi kita,tidak bisa dibayangkan ande kita tidak punya nama orang lain manggel kita gmn caranya yah ? Sudah tentu orang tua saya dulu memberi nama saya pasti tidak sembarangan,saya yakin pasti mereka melalui peritungan2 ala jawa tentunya. Karena menurut neptu atau perhitungan jawa baik buruknya sebuah nama didasarkan pada urutan aksara jawa, dan sudah tentu selain itu masih banyak lagi bahan pertimbangan hanya untuk memberi sebuah nama pada diri saya waktu itu. Kali ini saya cuma mencoba mengartikan nama saya sendiri berdasarkan neptu/perhitungan ala jawa tsb.

Cara pertama kita harus tau urutan aksara jawa,berikut urutannya (ha, na, ca, ra, ka, da, ta, sa, wa, la, pa, dha, ja, ya, nya, ma, ga, ba, tha, nga). Setiap aksara memiliki nilai berbeda. Ha, da, pa, ma, masing-masing dinilai 1. Na, ta, dha, ga, nilainya 2. Ca, sa, ja, ba = 3. Ra, wa, ya, tha = 4. Ka, la, nya, nga = 5. Angka-angka ini akan dipakai untuk menghitung nilai total dari nama seseorang yang dijumlahkan dari nilai setiap penggalan suku kata. Contoh nama saya JOKO JO[ja=3]+KO[ka=5]=8.

Nilai total diatas selanjutnya diproyeksikan pada lima unsur yang menunjukkan “cocok tidaknya sebuah nama”, yang meliputi lima unsur, “Sri”, “Lungguh”, “Gedhong”, “Loro”, “Pati”. Cara menghitungnya dimulai dari satu (Sri), dua (Lungguh), tiga (Gedhong), empat (Loro), dan lima (Pati). Setiap habis kelipatan lima, hitungan kembali dimulai dari angka satu (Sri) sampai lima (Pati), begitu seterusnya. Misal, nilai nama JOKO = 8, dihitung mulai dari satu (Sri), dua (Lungguh), tiga (Gedhong), empat (Loro), lima (Pati), enam (Sri), tujuh (Lungguh), delapan (Gedhong).

Jadi, nama JOKO (dengan angka total 8), jatuh pada unsur “Gedhong“. “Artinya, insya Allah, kelak si pemilik nama itu akan bergelimangan harta dalam hidupnya,”.

Menurut perhitungan Jawa, unsur “Sri”, “Lungguh”, dan “Gedhong” dianggap mewakili unsur kecocokan nama. Tapi sebaliknya kalau jatuh pada unsur “Loro” dan “Pati”, nama itu dianggap tidak cocok bagi yang bersangkutan. “Sri” memiliki arti yang positif (bahagia, kemakmuran, keberuntungan, mulia, dan sukses segalanya). Juga “Lungguh” dan “Gedhong” mengandung arti yang positif, yakni baik dalam kedudukan (jabatan) dan ekonomi (harta), tapi biasanya masih ada kekurangan di sisi lain, seperti sakit, rumah tangga diselilingi cekcok atau kurang harmonis. Sebaliknya unsur “Loro” dan “Pati” punya konotasi negatif. Unsur “Loro” menggambarkan hidup tersendat-sendat, sakit-sakitan, kurang mujur, banyak sial, banyak menderita. Unsur “Pati” menyimpan makna umur yang pendek.

Wel ini hanya sebuah selingan karena saya tahu rejeki,nasib,jodoh dll semua diatur oleh Yang Maha Kuasa. Anda berani mencoba ? tidak ada salahnya untuk mencoba sapa tau setelah mencoba anda bisa lebih semangat untuk menjalani kehidupan ini.


Comments

23 responses to “Apalah Arti Sebuah Nama”

  1. Kalau huruf “V” pake “Pa”,

    berarti namaku berjumlah 3, dan 3 berarti “Gedhong”

    calon orang gedhong-an nih. 😀

  2. ne’ mbeling iku artine opo yo mas?? 😉

  3. nek jenengku opo yo 😕 gak usah dihitung ah, paling nanti ketemunya juga gedhong :-“

  4. to #2 Mbelink itu artinya pendiam dan kalem mas.

  5. binguuunggggg.
    tapi bagus juga. 🙂

  6. Huah aku kok ora ngerti yo0 kang?
    😕

    orang jawa memang hebat punya banyak cara buat mengendalikan … eq hi hih i

  7. mbah geblek, opo sing arti namaku? :)>-

  8. Yah, sama seperti para korban di atas. Nama saya artinya apa sih, Mbah? Kok gak ada pilihannya. Joan itu harusnya jadi “Ja” + “an” kan ya? Hihihi. :d

  9. kalo rebo pahing

  10. Kalau mau ganti nama berarti pakai rumus ini ya… 🙂

  11. klo BAYU DILIANTO artinya apa y?? tolong y di artiin mbah

  12. klo arti nama SUDARMIAH apa y mbah artine???

  13. Dedi Supriadi Avatar
    Dedi Supriadi

    Kalau Dedi Supriadi opo yah artine…..?

  14. neneden mulyati Avatar
    neneden mulyati

    aaaaaaaaah pusssssing mendingan yang mau telp aku ke 0227323124, aku layanin deh mbahe, dijamin dikasih kepuasan sama body ku yang yahuud dan semerepet memekku. calling yaaaaa. pasti butuh. Ditunggu

  15. Klo nama Noviati Arifah tu arti nya pa toe?

  16. apa arti nama saya

  17. m.alwi hidayat Avatar
    m.alwi hidayat

    klo nma saya pa artinya???

  18. gak ngerti …

  19. nurul muftika Avatar
    nurul muftika

    apa sih arti nama w ?

  20. dzaky nasir klo di hitung ketemunya apa ya?aku kok bingung.mo memberi anaku yang baru lahir. nuwun

  21. bapake keyza Avatar
    bapake keyza

    mas, nek “ELEANORA KEYZA WINONA” ketemune opo???
    klo penurun mbahnya sih ketemu “pangan” —– sandang, pangan, papan, loro, pati (ee..aku kan wong pati)
    tolong dibantu itung mas!!!!

  22. RISKI SAHIYANTI Avatar
    RISKI SAHIYANTI

    RISKI SAHIYANTI ARTINYA APA SICH ?

  23. arti nama adelia ramadhina reva boss?