Tips Membuat Konten yang Search Engine Friendly

Sampean semua pasti sudah pada tau, kalau di blog, konten itu adalah rajanya. Akan tetapi jika konten di blog sampean sebagus novel ayat ayat cinta, jika orang lain tidak bisa menemukannya di search engine sama saja ndak berguna :). Mending menulis di buku harian lalu di gembok, seperti kebiasaan gadis gadis smu ituh.

Kita harus menyadari bahwa pengguna internet akan memulai petualangannya dengan menggunakan layanan search engine, karena disana mereka bisa menemukan sebagian informasi yang mereka inginkan. Nah dari situlah sok tauan saya kambuh lagi, lalu menulis tips membuat konten yang search engine friendly ini. Kecuali jika sampean dan blog sampean sudah populer ya ndak apa apa, kalau sampean ingin menghiraukan apa itu SEO.

Jika ada orang termasuk sampean yang baca postingan saya ini, mengira tulisan di blog ini sudah layak dikatakan search engine friendly saya akan tertawa terbahak bahak, karenaitu adalah fitnah buat saya :), di blog ini hanya berisi celotehan saya semata, ndak ada tips ngeblog betulan seperti pakar ngeblog itu.

Okey kembali ke topik, karena sampean menulis berharap ada manusia yang membacanya, bukan hewan tentunya, maka ndak ada salahnya sampean menerapkan tips seo di dalam blog dan konten sampean. Akan tetapi jangan hanya gara gara SEO sampean urungkan niat untuk ngeblog, oh tidak ! ngebloglah dengan riang gembira, namun jangan korbankan kualitas tulisan sampean gara gara SEO juga.

Nah berikut cara membuat konten yang search engine friendly ala saya, tentunya dari berbagai referensi yang pernah saya baca, bukan murni dari otak saya loh ๐Ÿ™‚ :

1. Buatlah judul postingan sekalian keyword, selain menempatkan keyword di isi tulisan, keyword juga bisa di taruh di judul postingan, misal tulisan yang isinya berbagai informasi tentang kumpulan url donlot music mp3, berilah judul download MP3 gratis, saya kira akan lebih nendang di search engine, karena keyword sudah ada pada judul postingan tsb, betul ndak yah ๐Ÿ™‚

2. Tempatkan keyword yang tepat, di artikel tulisan saya kemaren tentang tips menentukan keyowrd yang tepat, jadi saya rasa sudah sedikit paham bagaimana menentukan keyword. Selain menempatkan keyword di judul posting, anda juga dapat meletakkannya di beberapa tempat strategis lainnya di antara isi postingan sampean. Di awal dan akhir posting adalah tempat yang di anjurkan oleh pakar SEO. Katanya search engine akan memberikan nilai lebih jika keyword yang diletakkan pada tempat-tempat tersebut.

3. Tebal dan italic kan Keyword, ini anjuran dari pakar seo yang saya temui di dunia maya. Jika penebalan dan meng italic an secara benar akan membuat konten anda lebih rapi, dan pastinya akan memberi nilai tambah bagi keyword yang dipakai.

4. Gunakan alt tag dan title tag, ini berlaku jika anda membuat konten disertai dengan image. Disaat sampean menambahkan gambar gunakan alt tag dan title alt, Konon kedua tag ini digunakan oleh search engine untuk mengenali image yang sampean gunakan.

5. Fokus pada keyword tertentu saja, di dalam postingan menurut pakar, kita harus fokus pada satu topik di setiap postingan. Suer hal Ini susah saya lakukan :), makanya disetiap postingan saya selalu mencapurkan adukan keyoword.

Mudah mudahan tips ala saya ini bisa berguna, kususnya bagi saya sendiri :), sekali lagi jangan jadikan alasan karena ndak tau SEO sampean ndak jadi ngeblog. Hidup blog !!!!