Install Mountain Lion Di Snow Leopard Menggunakan File DMG

Bermula dari beberapa hari yang lalu, temen pamer telah memasang Mountain Lion OS X 10.8.3 di perangkat Mac nya. Nah, karena dia bilang ML, sebutan dari OSX Moutain Lion lebih ringan dari OS X Lion, sebagai pria rupawan tergoda adalah hal yang wajar bukan ? Guling-guling sebentar akhirnya menemukan source donlotan ML 4GB lebih, lumayan gede cuiii.

Install Mountain Lion Di Snow Leopard Menggunakan File DMG

Seperti diketahui OSX 10.8.3 adalah OS terbaru dari Mac sebagai penerus OS X Lion yang sudah pernah saya install di Mac saya meski akhirnya saya downgrade lagi ke Snow Leopard bawaan dari apple store :). Tadinya mau nyoba fresh install dari awal, mulai dari partisi dll, namun saya urungkan karena lagi males backup data-datanya.

Cara install OS X Mountain Lion 10.8 di Snow Leopard 10.6.8 pun cukup mudah, karena saya menggunakan file installer dmg jadi tinggal klik next next tunggu …. selesai deh. Setelah Mountain Lion terinstall hal pertama yang saya lakukan adalah update. Setelah sukses startup, software yang curang minta update terlebih dahulu adalah java yang tiba-tiba muncul popup minta update agar tetep bisa menggunakan adobe photoshop CS 5 katanya.

Setelah update java berhasil, pergi ke menu software update. Ternyata cuma satu yang minta update yaitu OS nya sendiri. Update ke OS X 10.8.3 sebesar 800MB berapa lama tergantung koneksi sampean. Kalau koneksinya gak bersahabat nyicil donlot OS X Mountain Lion Update v10.8.3 Combo di web apple.com. OS X 10.8.3 sendiri menurut kabar sebagai update untuk meperbarui beberapa bug pada versi sebelumnya. Berikut beberapa skrinsut yang sempat saya ambil saat proses install Mountain Lion.

Tips Install Mountain Lion Di Snow Leopard

Klik File installer OS X 10.8.dmg kemudia klik continue
OS X 10.8.3
Klik Agree
OS X 10.8.3
Klik Install, kemudian masukkan password admin Mac jika ada
Cara install OS X Mountain Lion 10.8.3
Tunggu beberapa saat
Cara install OS X Mountain Lion 10.8.3
Setelah ini akan restart dan akan melakukan proses install Mountain Lion, butuh waktu lumayan lama, siapkan cemilah, kopi, rokok jika Anda perokok :)
Cara install OS X Mountain Lion 10.8.3
Gambar di bawah adalah penggunaan memory di OS X 10.8.3, saat gambar ini diambil mac saya sedang mengaktifkan chrome dengan 15 tab, twitter for mac dengan 5 akun, adium.
Cara install OS X Mountain Lion 10.8.3

Sepertinya perlu upgrade memory jika tetap ingin menggunakan Mountain Lion OS X 10.8.3, karena setelah selesai install fan/kipas mac yang biasanya bunyi ketika hanya bekerja keras ini selalu bunyi terus. Padahal saat menggunakan Snow Leopard 10.6.8 kipas tersebut sangat jarang berisik. Kasian emang 😀